SEKTOR KAKAO INDONESIA

Memang setiap orang tidak bisa jauh dari aneka jenis makanan, salah satunya coklat . Benar tidak ? Ya coklat adalah cemilan sehari – hari yang biasa di konsumsi oleh kebanyakan orang, bahkan cokelat sendiri pada masa kini sudah bervariasi, untuk di buat kue, permen, minuman, pudding dan lain – lain. Cokelat sendiri di hasilkan dari biji kakao yang telah melalui proses signifikan pengolahan hingga menjadi coklat utuh yang biasa kita konsumsi loh guys. Cokelat bubuk sendiri adalah biji buah kakao yang sudah di fermentasikan , seperti selai roti, susu itu adalah hasil dari cokelat dalam bentuk bubuk. Sementara kakao yang tdak berbiji bisa di fermentasikan sebagai bahan ternak, wah sebuah informasi yang sangat penting ya !

Industri pengolahan kakao sangat berperan dalam pertumbuhan perekonomian indonesia.telah di tetapkan oleh pemerintah bahwa industri pengolahan kakao adalah salah satu sektor yang sangat di prioritaskan tentang perkembangan nya sesuai dengan RIPIN di tahun 2015 – 2035. Sampai saat ini apakah kalian tahu bahwa indonesia menduduki peringkat ke tiga di dunia dalam negara pengolahan kakao setelah belanda dan pantai gading. Tetapi, apakah kalian tahu juga bahwa indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai produsen biji kakao yang paling terbesar di dunia lho, setelah pantai gading, ekuador, ghana, kameron, dan nigeria. Wah bangga sekali ya kita sebagai warga indonesia ternyata biji kakao indonesia memang menjadi salah satu  negara dengan penghasil biji kakao terbesar di dunia. Terlebih pengolahan biji kakao akan selalu naik atau meningkat karena biji kakao yang sudah di olah sudah menjadi kebutuhan pokok warga dunia hingga masa kini. Saat ini cokelat memang di jadikan sebagai bahan makanan jadi yang bervariatif, apalagi coklat batangan yang siap makan sangat di gemari oleh pecinta cokelat di seluruh dunia. Terdapat berbagai merek cokelat batangan seperti coklat silverqueen, coklat Cadburry, coklat toblerone, cokelat magnum, coklat delfi, coklat wonder chocolatte, dan coklat lindt. Tetapi, bahkan terdapat jenis coklat putih loh seperti  coklat putih lindt Swiss Classic Swiss White Chocolate, Whittaker’s White Chocolate dan lain – lain.

Tahukah kamu bahwa saat ini pertumbuhan demand kakao di semuruh dunia mencapai 4 juta ton/ tahun, menurut datadari international cocoa organization, berkata bahwa dalam 5 th terakhir, demandkakao bertumbuh setiap 5% / tahun loh, dan di masa depan nanti sektor kakao akan memiliki daya besar untuk di kembangkan secara lebih luas di seluruh dunia. Kira – kira kebutuhan kakao di indonesia, cina dan india sepertinya mencapai 1 kilogram per kapita per tahun , maka dari itu akan ada demand tanmabahan kira – kira 2,2 ton biji kakao / th . 

Apa kalian juga tahu bahwa perkebunan kakao dinindonesia mengalami perkembangan pesat lho dalam watu dua puluh tahun terakhir. Terdapat 3 jenis kakao yang di utamakan yaitu dari sulteng, sulsel dan sulawesi tenggara. Dan kalian juga harus tahu bahwa dari mata kualitas, kakao indonesia tidak kalah enak dan suburnya dengan kakao yang di tanam di negara lain, makannya indonesia menjadi produsen terbesar biji kakao di dunua sebagai mana yang telah di ceritakan di atas. Kita paptut bangga ya dengan pencapaina bumin pertiwi kita yang tercinta bahwasanya telah menjadi negara dengan sektor kakao terbesar di dunia.